Biopharmaca BiofarmakaDevelopment of Partnership Model between BRC and Farmers of Biopharmaca in District of Sukabumi
Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

BRC SosMed

 facebook   google plus    twitter    linkedin    youtube  
 
           youtube

Home

DEVELOPMENT OF PARTNERSHIP MODEL BETWEEN BRC AND FARMERS OF BIOPHARMACA IN DISTRICT OF SUKABUMI

Pusat Studi Biofarmaka LPPM-IPBBy: Leti Sundawati (Head Division of Community Empowerment and Development of Biopharmaca Market) and Wulan Tri Wahyuni (Secretary Division of Community Empowerment and Development of Biopharmaca Market).




Pengembangan Model Kemitraan Pusat Studi Biofarmaka dengan Petani Biofarmaka di Kabupaten Sukabumi

Dalam rangka kegiatan pengabdian pada masyarakat, Peneliti Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB dengan dukungan pendanaan dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia melakukan pengembangan model kemitraan dengan masyarakat petani di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Kelompok tani yang telah terbentuk di Desa Mekar Jaya (sebanyak 8 kelompok tani) menjadi sasaran kemitraan yang dibangun. Kelompok tani tersebut tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) Srijaya. Kelompok petani diarahkan untuk menjadikan komoditi biofarmaka sebagai salah satu komoditi utama. Komoditi yang dijadikan sasaran adalah temulawak dan kunyit.

Tim peneliti melakukan pelatihan-pelatihan sebagai salah satu metode untuk penguatan kelompok tani dan Gapoktan. Pelatihan yang dilakukan meliputi pelatihan dan bimbingan GAP budidaya biofarmaka temulawak dan kunyit, pelatihan proses pengolahan rimpang temulawak dan kunyit menjadi simplisia dengan GMP, dan pelatihan peningkatan motivasi kewirausahaan. Tim peneliti juga melakukan pendataan terhadap kelompok tani dalam rangka membuat database, melakukan penyiapan lahan untuk Demonstrasi Plot (Demplot) seluas 9000 meter persegi untuk 3 komoditas (Jahe, Temulawak, Kunyit), melakukan Pelatihan Teknik Budidaya Rimpang Jahe, Temulawak, dan Kunyit dalam rangka pembuatan Demplot, dan membuat kesepakatan dengan perusahaan produk biofarmaka untuk menjembatani pemasaran hasil pertanian biofarmaka dari petani binaan. Kemitraan dengan perusahaan dalam upaya pemasaran produk pertanian biofarmaka dijalin dengan PT SOHO dan PT Biofarindo.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dalam bentuk kemitraan dengan masyarakat petani di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi ini dilaksanakan mulai Januari hingga Oktober 2011. Hingga saat ini aktivitas monitoring dan kunjungan ke desa binaan masih terus dilakukan.
 

Model Kemitraan Sukabumi 01     Model Kemitraan Sukabumi 02
Pelatihan petani di Desa Mekarjaya tentang GAP dan GMP tanaman biofarmaka (kiri), 
Penyiapan Lahan untuk Demplot, Temulawak, Jahe, dan Kunyit monokultur dan tumpangsari (kanan).


<
ls/wul/ta>
Back to TropBRC News....

BRC Site Statistics

  • Unique Visits Today271
  • Unique Visits Yesterday270
  • Visits This Week1171
  • Visits Previous Week1035