Biopharmaca BiofarmakaThe Spirit of Preserving Jamu as Indonesian Culture in Dies Natalis IPB & Dies Natalis PSB 15th
Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

BRC SosMed

 facebook   google plus    twitter    linkedin    youtube  
 
           youtube

Home

THE SPIRIT OF PRESERVING JAMU AS INDONESIAN CULTURE IN DIES NATALIS IPB & DIES NATALIS PSB 15TH

Pusat Studi Biofarmaka LPPM-IPB

By: Wulan Tri Wahyuni (Secretary Division of Community Empowerment and Development of Biopharmaca Market).



Semangat Melestarikan Jamu sebagai Budaya Indonesia dalam Semarak Dies Emas IPB dan Dies Natalis Pusat Studi Biofarmaka ke-15

Dalam rangka memperingati Dies Emas IPB dan Dies Natalis Pusat Studi Biofarmaka (PSB) LPPM IPB ke-15 yang jatuh pada bulan September 2013, PSB menyelenggarakan sejumlah kegiatan, antara lain Workshop Jamu Informatics, Lomba Penulisan Artikel Jamu di Blog, Lomba Mewarnai dan Kreasi Gambar, Bursa Tanaman Obat, dan Lomba Meracik Jamu bertemakan “Lestarikan Jamu sebagai Budaya Indonesia”.

Kegiatan workshop Jamu Informatics mengangkat tema Farmakologi Jejaring Molekular, Suatu Pendekatan untuk Kajian Mekanisme Kerja Jamu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2013 bertempat di IPB International Convention Center (IICC) Bogor. Kegiatan workshop menghadirkan pembicara dari Universitas Indonesia dan Pusat Studi Biofarmaka IPB. Sebanyak 46 peserta yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan perusahaan swasta ikut serta dalam kegiatan ini.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Lomba penulisan artikel jamu di blog merupakan salah satu upaya yang bertujuan meningkatkan semangat para blogger untuk mengangkat tema jamu dan ikut serta melestarikan jamu sebagai budaya Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 74 peserta dari berbagai daerah se Indonesia. Pemenang pertama dari lomba ini ialah Murtiyarini dari Bogor-Jawa Barat. Artikel yang menjadi juara pertama dapat diakses di link berikut http://asacinta.blogspot.com/2013/08/melestarikan-jamu-mencintai-budaya.html. Juara kedua jatuh kepada Lucky Caesar Direstiyani dari Madiun-Jawa Timur, artikelnya dapat diakses di tautan http://elloveblue-star.blogspot.com/2013/08/inovasi-jamu-semakin-lestari-semakin.html. Sementara juara ketiga dimenangkan oleh Fitria Chakrawati dan artikelnya dapat diakses di tautan http://fitra-chakra.blogspot.com/2013/08/melestarikan-jamu-membawa-jamu-mendunia.html.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Sebagai bentuk upaya memperkenalkan jamu kepada generasi penerus bangsa sejak dini, diselenggarakan lomba mewarnai dan kreasi gambar bertema jamu bagi anak-anak. Lomba mewarnai diikuti oleh siswa taman kanak-kanak (TK) sebanyak 48 orang yang berasal dari TK di daerah Jabodetabek. Sementara itu lomba kreasi gambar diikuti oleh siswa sekolah dasar (SD) yang dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori I untuk siswa kelas 1 sampai 3 dan kategori II untuk siswa kelas 4 sampai 6 dengan jumlah peserta masing-masing sebanyak 21 dan 17 orang. Kegiatan diselenggarakan oleh PSB bekerjasama dengan PT Dexa Medica dan juga disponsori oleh Kampung Djamoe Organik PT Martina Berto serta Yayasan Dahan. Juara 1 (satu) untuk kategori TK dimenangkan oleh Regina Anisa dari TK Arrahman, untuk kategori sekolah dasar kelas 1-3, Aura dari SD Negeri Polisi 4 Bogor keluar sebagai juara 1 (satu), sementara untuk kategori kelas 4-6 juara 1 (satu) dimenangkan oleh Nathalia dari SD Regina Pacis Bogor.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Kegiatan bursa tanaman diisi dengan pameran tanaman obat, bibit tanaman obat, hasil olahan tanaman obat hingga produk jamu. Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta pameran dan dimeriahkan dengan lomba tebak tanaman obat yang diikuti oleh ibu-ibu PKK desa binaan PSB serta pengunjung pameran. Di samping itu, diselenggarakan bakti sosial berupa pengobatan gratis oleh para pengobat yang tergabung dalam Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI). Bakti sosial ini dikunjungi oleh 76 pasien dan pasien-pasien tersebut telah ditangani dengan metode akupressure/pijat syaraf, pijat tradisional, prana dan hiepnoterapi.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Ibu-ibu PKK binaan Pusat Studi Biofarmaka LPPM yang berasal dari wilayah Bogor dan Sukabumi diundang untuk ikut memeriahkan peringatan Dies Natalis IPB dan PSB tahun ini. Ibu-ibu PKK tersebut di bagi ke dalam 10 kelompok dengan anggota masing-masing kelompok adalah 3 orang untuk mengikuti lomba meracik jamu. Dalam waktu satu jam yang disediakan masing-masing kelompok berkreasi meracik jamu dari bahan-bahan obat tradisional segar yang disediakan panitia. Dalam lomba yang menghadirkan juri dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB dan Divisi Pengembangan Produk Biofarmaka, Pusat Studi Biofarmaka ini, kelompok Flamboyan yang terdiri atas ibu-ibu PKK RT 03/RW 06 Kecamatan Dramaga Bogor keluar sebagai juara pertama.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

Kegiatan lainnya yang diselenggarakan ialah bedah buku Taman Terapi Mandiri: Diabetes Melitus. Buku ini merupakan karya para peneliti Pusat Studi Biofarmaka yang diterbitkan oleh IPB Press. Dalam buku ini diceritakan bagaimana konsep taman dengan keindahannya digabungkan dengan tanaman obat dan manfaatnya untuk terapi diabetes. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran berharga bagi kemajuan jamu. Pada kegiatan bedah buku ini dihadirkan Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS., Dip.RLE dari Departemen Arsitektur Lanskap Institut Pertanian Bogor, Ir. Musdhalifah Machmud, MT (Asisten Deputi Urusan Perkebunan dan Hortikultura, Kementerian Koordinator Perekonomian RI), serta Bapak Soetresno dari Asosiasi Pengobat Tradisional Indonesia sebagai pembahas.

Dies Natalis PSB ke-15 01   Dies Natalis PSB ke-15 01

<wulan/ta>
Back to BRC Article.....

BRC Site Statistics

  • Unique Visits Today261
  • Unique Visits Yesterday124
  • Visits This Week1126
  • Visits Previous Week986