Biopharmaca BiofarmakaApplication of Agroforestry Practice at Sub-District Nanggung of District Bogor
Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

BRC SosMed

 facebook   google plus    twitter    linkedin    youtube  
 
           youtube

Home

APPLICATION OF AGROFORESTRY PRACTICE AT SUB-DISTRICT NANGGUNG OF DISTRICT BOGOR

Pusat Studi Biofarmaka LPPM-IPBBy: Taopik Ridwan (Secretary Division of Natural Resource Development and Cultivation).



Penerapan Praktek Agroforestry di Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor

Masyarakat sekitar Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor sebagian besar merupakan masyarakat yang bermatapencaharian sebagai petani dimana salah satu komoditi yang mereka usahakan adalah tanaman obat atau biofarmaka.

Pelatihan desiminasi teknologi budidaya tanaman selain dilakukan kegiatan pelatihan perlu diimbangi dengan kegiatan demonstrasi plot untuk mempercepat proses alih teknologi dari peneliti kepada petani. Demonstrasi plot tanaman rimpang merupakan kegiatan yang dilakukan di lahan pertanian dengan melibatkan langsung para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Penerapan praktek pertanian akan dilakukan dengan menggunakan “Sistem Agroforestry”. Penerapan sistem agroforestry ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong di bawah tegakkan pohon dan peningkatan kesuburan lahan melalui pemupukan.

Kegiatan demonstrasi plot akan dilaksanakan dilahan kering yang mempunyai karakteristik pH rendah, struktur tanah kurang baik, kandungan hara rendah. Oleh karena itu perlu adanya penambahan kapur, dan bahan organik.

Tujuan yang diharapkan dari kegiatan demonstrasi plot pada tanaman rimpang (kapulaga dan kencur) di bawah tegakkan pohon adalah untuk melatih petani mempraktekan penerapan sistem agroforestry, mempercepat alih teknologi budidaya tanaman rimpang dan meningkatkan kerjasama antara petani dalam kelompok taninya. Berikut beberapa contoh gambar demonstrasi plot agroforestry budidaya tanaman kapulaga, kencur dan manggis.

budidaya rimpang     budidaya rimpang

budidaya rimpang     budidaya rimpang
Gambar Agroforestry (kapulaga, kencur, manggis).

<
opik/ta>
Back to BRC Article.....

BRC Site Statistics

  • Unique Visits Today265
  • Unique Visits Yesterday278
  • Visits This Week1379
  • Visits Previous Week1329