Biopharmaca BiofarmakaEducational Tours on Herbal Medicine
Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

BRC SosMed

 facebook   google plus    twitter    linkedin    youtube  
 
           youtube

Home

EDUCATIONAL TOURS ON HERBAL MEDICINE

Pusat Studi Biofarmaka LPPM-IPBBy: Wulan Tri Wahyuni (Secretary Division of Community Empowerment and Development of Biopharmaca Market).



Wisata Edukasi Tanaman Obat

Pusat Studi Biofarmaka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (PSB-LPPM IPB) memberikan wisata edukatif mengenai obat tradisional kepada masyarakat melalui kegiatan wisata pendidikan pertanian yang diselenggarakan oleh unit AgroEduTourism IPB (AET IPB). Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kerjasama dan pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan Pusat Studi Biofarmaka. Kegiatan ini dapat diikuti oleh siswa sekolah, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

Paket wisata edukatif ini dikemas dalam rangkaian kegiatan yang meliputi pengenalan: aspek budidaya tanaman obat, pengolahan produk obat tradisional, analisis kualitas dan khasiat tanaman obat tradisional di laboratorium uji, serta kunjungan ke pabrik obat tradisional yang telah menjalin kerjasama dengan PSB.

Pada hari kamis, 9 Januari 2014 PSB menerima kunjungan peserta wisata edukatif dari SMK Borneo Lestari, Banjar Baru-Kalimantan Selatan. Sebanyak 111 siswa dan 4 orang guru ikut serta dalam kegiatan ini. Para siswa sekolah maupun gurunya cukup antusias terutama saat mengikuti proses pembuatan minuman instan jahe yang dipandu staf Pusat Studi Biofarmaka. Kegiatan ini diselingi dengan kuis berhadiah yang berisi pertanyaan seputar obat tradisional.

Kunjungan lainnya ialah dari D3 Stikes Muhammdiyah Banjarmasin, Banjarmasin Tengah-Banjarmasin yang dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Februari 2014. Sebanyak 125 orang mahasiswa dan 5 orang dosennya mengikuti kegiatan tersebut. Selain mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan minuman instan, peserta juga dikenalkan pada berbagai tanaman obat dan mengenal cara budidayanya. Kegiatan ini dinilai efektif karena dapat mengenalkan obat tradisional asli Indonesia, yaitu “jamu” sebagai warisan dan budaya bangsa Indonesia serta meningkatkan kecintaan masyarakat, khususnya generasi muda terhadap jamu sebagai obat tradisional asli Indonesia.

kunjungan   kunjungan 
Kunjungan SMK Borneo Lestari, Banjarmasin.

kunjungan   kunjungan
Kunjungan D3 Stikes Muhammadiyah Banjarmasin.

<wul/ta>
Back to BRC Article.....

BRC Site Statistics

  • Unique Visits Today261
  • Unique Visits Yesterday124
  • Visits This Week1126
  • Visits Previous Week984