Biopharmaca BiofarmakaKegiatan PPM TropBRC: Dosen Mengabdi

KEGIATAN PPM TROPBRC: DOSEN MENGABDI

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

Di masa pandemi saat ini di Indonesia, kita tetap harus menjaga kondisi kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Agar imunitas tubuh tetap terjaga salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meminum jamu yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan mudah diperoleh.

Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) LPPM IPB melalui Kegiatan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Dosen Mengabdi yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2020 telah memberikan pelatihan mengenai pengenalan, pemanfaatan dan pengolahan jamu dalam bentuk diskusi interaktif. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan tema “Jamu sebagai Minuman Kesehatan dari Bahan Lokal yang Mudah Diperoleh Di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat IPB Tahun 2020.

Narasumber dalam Kegiatan Dosen Mengabdi ini yaitu Prof. Dr. Irmanida Batubara SSi., MSi, dengan moderator Taopik Ridwan SP, MSi dan sambutan dari Dr. Jumriah Syam SPt., MSi. sebagai perwakilan peserta. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari staf pengajar dan mahasiswa dari Departemen Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Islam Negri Alauddin Makassar yang berjumlah 40 peserta. Harapan peserta setelah mengikuti kegiatan Dosen Mengabdi ini adalah mengetahui sejarah jamu, mengenal tanaman lokal yang dapat dimanfaatkan, mengetahui cara memanfaatkan, dapat mengolah atau membuat sendiri jamu di rumah dan dapat memanfaatkan jamu untuk campuran pakan ternak sebagai bahan penelitian di Departemen Ilmu Peternakan UIN Alauddin Makassar.

Judul materi Tumbuhan lokal yang dapat dimanfaatkan
Contoh produk minuman jamu
Foto bersama narasumber dan peserta


Tags
#IPBSDG3

<fik/
ta>
Back to TropBRC Home....