Biopharmaca BiofarmakaVirtual Talkshow: Rempah-Rempah Indonesia

VIRTUAL TALKSHOW: REMPAH-REMPAH INDONESIA

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

Kegiatan virtual talkshow yang mengangkat tema “Rempah-Rempah Indonesia Indonesia: dari Hulu ke Hilir” diselenggarakan oleh PT. Gramedia bersama para penulis Gramedia Pustaka Utama. Para penulis tersebut yaitu Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito yang menulis buku berbagai kuliner Indonesia, Prof. Irmanida Batubara, SSi., MSi yang menulis buku Empon-Empon Penangkal Virus Penambah Imun, Nurdiyansah Dalidjo yang menulis buku Rumah di Tanah Rempah dan Wynda Dwi Amalia yang menulis buku Rendang Bundo dan moderator Nana Lystyani dari Gramedia Pustaka Utama. Acara virtual talkshow telah dilaksanakan pada hari sabtu 12 September 2020, pukul 16.00-17.30 WIB melalui aplikasi zoom dan youtube channel.

Dalam kegiatan tersebut Prof. Irmanida Batubara menjelaskan tentang empon-empon atau rempah- rempah dari dua pendekatan yaitu pendekatan empiris dan pendekatan ilmiah. Pendekatan empiris adalah pendekatan dimana rempah-rempah atau empon-empon sudah digunakan secara turun temurun dari dahulu. Sementara pendekatan ilmiah adalah pendekatan dimana empon-empon yang secara empiris sudah terbukti khasiat dibuktikan melalui penelitian.

Untuk mengetahui kondisi minuman jamu masih baik atau tidak untuk dikonsumsi dan bahan aktifnya tidak berubah secara sederhana dapat diketahui dari aroma, warna, rasa. Jika ketiga komponen tersebut masih stabil maka bahan aktifnya relatif tidak berubah. Pemanfaatan empon-empon atau rempah-rempah akan tergantung dari bagian yang akan dimanfaatkan. Jika memanfaatkan aroma maka sebaiknya tidak dilakukan pengolahan melalui pemanasan karena dengan pemanasan aroma akan hilang.

Flyer Pemaparan Materi
Diskusi dengan peserta Foto Bersama


Tags
#IPBSDG3

<fik/
ta>
Back to TropBRC Home....