Biopharmaca BiofarmakaKegiatan PPM TropBRC: Dosen Mengabdi

KEGIATAN PPM TROPBRC: DOSEN MENGABDI

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

Jamu adalah warisan leluhur yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun. Pada masa pandemi seperti sekarang jamu adalah salah satu alternatif untuk menjaga daya tahan tubuh kita dari serangan penyakit. Dari bahan-bahan yang  mudah diperoleh didisekitar kita, jamu dapat dibuat dengan mudah dan sederhana.

Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) LPPM IPB melalui Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Dosen Mengabdi yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 telah memberikan pelatihan mengenai bagaimana sistem imun bekerja, bagaimana obat tradisional (jamu) dapat bekerja sebagai sistem imun, mengenal tanaman obat untuk sistem imun dan bagaimana memanfaatkan jamu untuk daya tahan tubuh kepada kelompok penjual jamu “Jamu Seger Waras”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan tema “Jamu untuk Daya Tahan Tubuh" di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat IPB Tahun 2020.

Narasumber dalam kegiatan adalah Dr Mohamad Rafi SSi., MSi., dengan moderator Taopik Ridwan. Sambutan dari Ketua Kelompok Jamu Gendong diberikan oleh Ibu Teresia Eko, sebagai perwakilan peserta. Peserta terdiri dari ibu-ibu penjual jamu gendong di Kecamatang Karangmalang Kabupaten Sragen yang berjumlah 25 peserta. Harapan peserta setelah mengikuti kegiatan ini adalah dapat mengetahui jenis-jenis tanaman obat untuk daya tahan tubuh, mengetahui cara kerja jamu untuksistem imun dalam tubuh dan mengetahui bagaimana sistem imun bekerja dalam tubuh.

Judul materi Pemaparan materi
Pemaparan materi Mendengarkan pemaparan materi
Tanya jawab dengan narasumber Foto bersama
Diskusi narasumber dengan peserta Tanya jawab dengan narasumber
Foto bersama


Tags
#IPBSDG3

<fik/
ta>
Back to TropBRC Home....