Biopharmaca BiofarmakaKegiatan PPM TropBRC: Dosen Mengabdi

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT IPB TAHUN 2020: DOSEN MENGABDI

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dimasa pandemi adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap orang. Untuk tetap sehat dan bugar dapat memanfaatkan jamu dari bahan-bahan lokal yang sudah lama digunakan dan dimanfaatkan masyarakat. Sekitar. Di Papua banyak tanaman obat yang masih belum diketahui manfaatnya oleh masyarakat sekitar sehingga perlu terus digali.

Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) LPPM IPB melalui Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Dosen Mengabdi yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2020 telah memberikan pelatihan mengenal tanaman obat di Papua, pengenalan produk-produk jamu, syarat-syarat pembuatan jamu dan proses pembuatan jamu kepada kelompok masyarakat “Gempala”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan tema “Menjadi Sehat dan Bugar dengan Tanaman Lokal" di Kecamatan Pariwari, Kabupaten Fakfak Papua dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat IPB Tahun 2020.

Narasumber kegiatan ini adalah Prof. Dr. Dyah Iswantini Pradono MSc.,Agr dengan moderator Taopik Ridwan. Sambutan dari Ketua Kelompok Gempala diberikan oleh Bapak Nikolas Jemris, sebagai perwakilan peserta. Peserta terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak masyarakat di kecamatan Pariwari kabupaten Fakfak yang berjumlah 15 peserta. Harapan peserta setelah mengikuti kegiatan ini adalah dapat mengetahui tanaman obat yang ada di Papua, mengetahui syarat-syarat membuat jamu, proses pembuatan jamu yang baik.

Judul materi Pemaparan materi
Pemaparan materi Pemaparan materi
Proses pembuatan jamu Diskusi dengan narasumber
Foto bersama Foto bersama


Tags
#IPBSDG3

<fik/
ta>
Back to TropBRC Home....