Biopharmaca BiofarmakaWorkshop Network Pharmacology Batch 1 2021

KEGIATAN WORKSHOP NETWORK PHARMACOLOGY 2021

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

25 Maret 2021 menjadi hari pertama dalam Workshop Network Pharmacology yang diadakan selama dua hari oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB yang diikuti oleh 36 peserta dari berbagai daerah. Rangkaian acara pertama dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Irmanida Batubara, S.Si., M.Si.

Kemudian dilanjut dengan materi pertama mengenai graph mining oleh Dr. Eng. Annisa, SKom., MKom. Data yg disimbolisasikan dengan graph, karena didalam graf memungkinkan kita untuk simbolisasi hubungan antar objek. Bu Annisa melanjutkan penjelasan mengenai penelitian beliau tentang Skyline Query yang merupakan salah satu aplikasi dari graph mining.

Materi kedua pada hari pertama disampaikan oleh Pak Rudi Heryanto, SSi., MSi. terkait dengan Pendekatan Multi-component multi target dalam pembuatan jamu. Beliau menjelaskan mulai dari alasan pemilihan metode multi-component-multi-target untuk jamu sampai cara evaluasi yang harus dilakukan. Penelitian yang dilakukan juga menggunakan salah satu aplikasi TropBRC yaitu IJAH yang akan membantu untuk memilih kandidat tanaman yang akan diteliti.

Setelah break siang, materi dilanjutkan dengan pemaparan mengenai protein-protein interaction (PPI), clustering dan pengaplikasiannya dengan algoritma ClusterONE pada Cytoscape oleh Dr. Eng. Wisnu Ananta Kusuma, ST., MT. Kemudian workshop dilanjutkan dengan materi mengenai perhitungan centrality pada satu cluster untuk mengidentifikasi protein signifikan dengan R dipandu oleh Nabila.

MHari kedua dimulai dengan melanjutkan protein yang didapat dari clustering di hari sebelumnya untuk diperluas menjadi jaringan interaksi senyawa-protein (drug target interaction). Lalu Pak Wisnu menjelaskan tentang machine learning yang dapat diaplikasikan pada data interaksi tersebut dan memaparkan mengenai penggunaan aplikasi Orange sebagai salah satu alternatif tools untuk mengaplikasikan machine learning. Materi terakhir mengenai docking oleh Dr. Setyanto Tri Wahyudi, SSi., MSi

   
   


Tags
#IPBSDG3

<ta>
Back to TropBRC Home....