Biopharmaca BiofarmakaWebinar Series #1 TropBRC 2021

KEGIATAN WEBINAR SERIES #1 TROPBRC 2021

Pusat Studi Biofarmaka Tropika

Pada hari Kamis (22/4), Pusat Unggulan Iptek (PUI-PT) Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB University) mengadakan Webinar Series #1 TropBRC dengan tema “Mau Jualan Jamu? Caranya Bagaimana?”. Webinar ini berlangsung selama dua jam dimulai dari pukul 09.00-11.30 dan dihadiri oleh sekitar 240 peserta dari Zoom dan youtube. Webinar dibuka oleh moderator Dr. Siti Sadiah, Apt., M.Si dilanjut dengan sambutan oleh Prof. Dr. Irmanida Batubara, S.Si., M.Si.

Materi pertama diawali dengan tips untuk pengusaha jamu oleh Bu Dwi Ranny Pertiwi Zarman SE., MH. Beliau menjelaskan bagaimana berbagai jenis tanaman herbal memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat malaria, kontrasepsi, pengawet mayat, minyak urat, meningkatkan imunitas, dll. Sayangnya banyak produk dari tanaman herbal tersebut yang belum masuk BPOM. Sejak pandemi melanda, terjadi booming trend rempah-rempah sehingga dapat dimanfaatkan untuk bisnis. Beberapa tips yang bisa dilakukan, pertahankan kualitas, komitmen terhadap konsumen, dan gunakan social media.

Materi kedua disampaikan oleh Bu Tintin Sarianti, S.P., M.M., yang menjelaskan mulai dari sejarah perkembangan jamu hingga jamu menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Salah satu tantangan usaha ini adalah produksi tanaman obat menurun tiap tahun. Ini juga menjadi salah satu peluang bisnis karena usaha obat tradisional masih dilindungi dari investor asing. Pandemi juga membuat industri jamu semakin prospektif.

Selanjutnya, materi ketiga oleh Pak ltizam Nasrullah, Apt, M.Si., mengenai LOKA POM, dan unit pelaksanaan teknis POM, (wilayah Jabar ada 2, Tasik dan Bogor). Beliau juga menjelaskan mengenai tahap pendaftaran CPOTB, mekanisme registrasi obat tradisional, alur pendaftaran akun perusahaan dan alur pra-registrasi dan registrasi baru obat tradisional. Kemudian, Dra. Nurhaedah, Apt., menjelaskan mengenai proses penerbitan sertifikat p-irt di Kota bogor, proses, syarat pengajuan sertifikat p-irt. Webinar ini diakhiri dengan diskusi dan sesi tanya jawab.

Recording acara ini dapat dilihat disini.


Tags
#IPBSDG3

<ta>
Back to TropBRC Home....