Workshop Kemometrik 2018

WORKSHOP KEMOMETRIK 2018

Pusat Studi Biofarmaka

Pada hari Selasa-Kamis (27-29/3) Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC) LPPM-IPB mengadakan kegiatan "Workshop Kemometrik 2018" di Kampus IPB Taman Kencana, Jl. Taman Kencana No. 3, Bogor 16128. Workshop ini didesain untuk peneliti yang memiliki ketertarikan dalam penggunaan kemometrik dalam riset obat herbal.

Kemometrika merupakan ilmu tentang bagaimana mengekstrak informasi dari suatu sistem kimia yang kaya data, yang dapat diterapkan untuk memecahkan baik permasalahan deskriptif maupun prediktif dalam ilmu hayat eksperimental. Sebagai pembicara pada workshop ini adalah Dr. Farit Mochamad Afendi, SSi, MSi; Dr. Mohamad Rafi, SSi., MSi dan Rudi Heryanto, SSi., MSi.

Adapun materinya meliputi Pengenalan dan perkembangan kemometrik dalam riset obat herbal; Teori dasar beberapa analisis kemometrik: PCA, PLS, & Analisis Diskriminan; Aplikasi kemometrik dalam riset obat herbal; dan Pengolahan data menggunakan analisis multivariat pada riset obat herbal.

Workshop ini diikuti oleh 12 orang peserta, terdiri dari 1 peserta yang berasal dari lembaga penelitian, 9 peserta dari perguruan tinggi dan 2 peserta dari swasta/industri. Salah seorang peserta berasal dari International Institute of Halal Research and Training, Malaysia, Dr. Nurrulhidayah Binti Ahmad Fadzillah mengatakan bahwa ia ingin mengetahui lebih detail tentang kemometrika karena buta sama sekali dengan kemometrika dan diharapkan ilmu yang didapatkan ini dapat digunakan untuk mendeteksi makanan halal atau haram.

workshop     workshop

Flyer Workshop Kemometrik 2018.
Pariwara IPB Vol 45 Tahun 2018 hal 4.

<ta>
Back to TropBRC News....