Workshop on A Good Experimental Design for a Better Product Development 2018

WORKSHOP ON A GOOD EXPERIMENTAL DESIGN FOR A BETTER PRODUCT DEVELOPMENT 2018

Pusat Studi Biofarmaka

Pernahkan Anda kesulitan dalam merancang suatu percobaan? Pernahkah Anda kebingungan dalam memilih rancangan yang sesuai dengan tujuan penelitian Anda? Pernahkan Anda bertanya, apakah prosedur yang saya lakukan sudah tepat dengan rancangan yang saya pilih? 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC) dalam “Workshop on a Good Experimental Design for A Better Product Development” pada hari Kamis-Jumat (19-20/4) di Kampus IPB Taman Kencana, Jl. Taman Kencana No. 3, Bogor 16128. Produk yang berkualitas merupakan tujuan akhir dari suatu percoban dan dapat dicapai dengan persiapan dan perencanaan yang sistematik.

Pelatihan ini memberikan pengetahuan yang komprehensif mengenai bagaimana cara merancang suatu percobaan dengan benar sehingga kaidah-kaidah dalam analisis statistika terpenuhi. Pelanggaran terhadap kaidah statistika akan berdampak terhadap kevalidan hasil yang diperoleh.

Selain itu, pelatihan juga mencakup bagaimana menganalisis data sesuai dengan rancangan percobaan dan uji lanjut. Rancangan-rancangan yang terkait dengan optimisasi juga akan diperkenalkan dalam pelatihan ini. Lebih lanjut dalam pelatihan ini juga dikenalkan optimasi untuk multi respon. Pendekatan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, praktek langsung dengan perangkat lunak statistik, serta kasus riil percobaan di laboratorium.

Adapun materi yang diberikan yakni Pentingnya rancangan percobaan dalam biofarmaka;  Pengenalan rancangan percobaan dan prinsip-prinsip dalam rancangan percobaan;  Rancangan Acak Lengkap dan Rancangan Kelompok Lengkap Teracak untuk faktor tunggal beserta analisisnya Rancangan dan analisis data permukaan respon yang meliputi: rancangan faktorial 3k, rancangan fractional faktorial 3k-p, rancangan central composite design, rancangan box behken, dan rancangan mixture (campuran); dan Analisis data untuk multi respon.

Sebagai pembicara pada workshop ini adalah Dr. Utami Dyah Syafitri dan  Rudi Heryanto, SSi., MSi. Kegiatan diikuti oleh 9 orang peserta, terdiri dari 2 peserta yang berasal dari lembaga penelitian, 6 peserta dari perguruan tinggi dan 1 peserta dari swasta/industri.

workshop     workshop

Flyer Workshop on A Good Experimental Design for a Better Product Development 2018.

 


<ta>
Back to TropBRC News....