Workshop TLC Fingerprint Analysis 2018

WORKSHOP TLC FINGERPRINT ANALYSIS UNTUK AUTENTIKASI BAHAN BAKU OBAT HERBAL 2018

Pusat Studi Biofarmaka

Pada hari Selasa-Rabu (08-09/5), Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC) LPPM-IPB mengadakan "Workshop TLC Fingerprint Analysis untuk Autentikasi Bahan Baku Obat Herbal 2018", di Kampus IPB Taman Kencana, Jl. Taman Kencana No. 3, Bogor 16128. Workshop ini didesain agar peserta mendapatkan pengetahuan mengenai pengembangan metode TLC fingerprint analysis untuk identifikasi, diskriminasi dan autentikasi tumbuhan obat.

Penggunaan obat herbal semakin meningkat sehingga menyebabkan tingginya permintaan akan bahan baku penyusunnya. Tingginya permintaan ini dapat mendorong terjadinya pencampuran/pemalsuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Di sisi lain, kesalahan identifikasi tumbuhan obat oleh stakeholder obat herbal juga merupakan salah satu aspek yang perlu diwaspadai. Metode yang tepat diperlukan untuk mencegah terjadinya pencampuran/pemalsuan dan kesalahan identifikasi untuk menjamin kualitas, keamanan, dan khasiat obat herbal. Analisis sidikjari (fingerprint analysis) menggunakan TLC dapat menjadi pilihan atraktif dalam mengembangkan metode autentikasi tumbuhan obat. TLC fingerprint analysis cukup sederhana dan cepat, namun telah dapat memberikan profil suatu tumbuhan obat dengan komprehensif.

Sebagai pemateri adalah Dr. Mohamad Rafi, SSi., MSi 2. Dr. Wulan Tri Wahyuni, SSi., MSi 3. Rudi Heryanto, SSi., MSi Adapun materi yang diberikan Kendali mutu bahan baku dan produk obat herbal dengan fingerprint analysis. 2. Teori dan perkembangan TLC dalam analisis tumbuhan obat. 3. Tip dan trik dalam pengembangan metode TLC fingerprint analysis tumbuhan obat. 4. Praktikum TLC fingerprint analysis tumbuhan obat.

Pelatihan diikuti oleh 12 orang peserta, terdiri dari 2 peserta yang berasal dari lembaga penelitian, 9 peserta dari perguruan tinggi dan 1 peserta dari swasta/industri.

workshop     workshop

workshop     workshop

Flyer TLC Fingerprint Analysis 2018.

<ta>
Back to TropBRC News....